Selasa, 06 September 2016

Tips investasi reksa dana



Agar kita bisa sukses dalam beinvestasi  tentunya kita harus cerdas dalam mengatur cash flow (arus keuangan) kita tiap bulan. Cash flow ibarat water flow, mengalir begitu seterusnya tiap waktu. Kalo kita gak bisa mengelola dengan baik bisa jadi air tidak mengucur lagi alias kekeringan. Boro-boro bisa invest malah hutang buat nutup lobang.



Ada 4 hak yang perlu diperhatikan dalam membelanjakan uang kita yakni hak untuk Allah subhanahu wata’ala (bayar zakat, infak, sedekah), hak untuk orang lain (bayar cicilan hutang), hak untuk masa depan kita (investasi) dan terakhir hak untuk masa kini kita (biaya hidup).

Jadi prioritas yang pertama setelah kita terima gaji tiap bulan adalah bayar hak Allah dulu minimal 2,5%, selanjutnya bayar hak orang lain (cicilan hutang kita), kemudian kita investasi untuk masa depan kita minimal 10% kalo tidak kita termasuk orang yang pelit pada masa depan kita sendiri. Kalo pengin cepet makmur investasilah sebanyak-banyaknya. Sisanya barulah kita cukupkan untuk kebutuhan hidup kita sebulan sampai gajian lagi. Memang harga bahan pokok naik terus, tapi kita bisa mengatur tiap hari menu makan di meja makan kita di rumah agar hemat, uangnya cukup sampai gajian lagi



Selanjutnya tips untuk berinvestasi pada reksa dananya yang pertama tentukan tujuan investasi kita. Apa yang ingin kita wujudkan (ibadah haji, umrah, beli rumah, mobil dsb) 

Kedua tentukan jenis reksa dana yang akan kita pilih untuk invest sesuai dengan jangka waktu (berapa tahun) tujuan (keinginan) kita harus terwujud. Dan sesuaikan profil risiko kita (konservatif, moderat / agresif) dalam memilih reksa dananya. 

Baca dan teliti keterangan ringkas, propektus reksa dana sebelum kita putuskan untuk memilih reksa dana tersebut. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar