Minggu, 06 Maret 2016

Concept time value of money to achieve goals



Konsep dasar dari nilai waktu uang adalah nilai uang yang kita miliki sekarang jauh lebih berharga dari pada nilai uang yang kita miliki dimasa yang akan datang. Contoh sepuluh tahun yang lalu dengan uang satu juta, kita bisa membeli satu motor baru. Sekarang dengan uang satu juta hanya bisa membeli dua rodanya saja. Sepuluh tahun kemudian, uang satu juta tadi mungkin hanya bisa untuk membeli helm motornya saja.

Contoh beberapa rencana dimasa depan

Tanpa disadari sebenarnya dalam kehidupan ini pasti kita pernah berencana untuk mencapai tujuan yang kita inginkan dimasa datang. Misalnya seperti yang terlihat pada gambar diatas. Harapan saya dengan pemahaman time value of money ini kita bisa menyikapi uang yang kita miliki sekarang dengan baik untuk mencapai rencana yang ingin kita capai dimasa depan, karena risiko pendapatan kita dimasa yang akan datang itu lebih tinggi dibanding hari ini. 

Time value of money biaya untuk nikah

Dari contoh kasus nilai waktu uang untuk biaya nikah diatas dapat kita lihat bahwa biaya nikah sebesar Rp 50.000.000. pada tahun 2015 setara dengan Rp 70.925.955. pada tahun 2021. Artinya sejumlah uang yang kita miliki sekarang akan berubah nilainya dimasa mendatang. Kalo mau nikah tahun 2021 uang yang dibutuhkan lebih besar lagi dari pada uang saat ini. Rumus tersebut di atas bisa juga  diaplikasikan untuk tujuan rencana lain yang ingin kita capai setelah menikah, contoh seperti terlihat digambar di bawah ini yakni time value of money untuk menyiapkan dana pendidikan anak. 

Future value biaya pendidikan anak

Dari contoh time value of money untuk biaya pendidikan anak diatas kita bisa mengestimasikan berapa biaya pendidikan sekolah dan kuliah favorit yang akan dituju dimasa mendatang. Sehingga dengan jangka waktu yang ada kita bisa menyiapkan biaya pendidikan tersebut agar tujuan pendidikan anak tercapai. Intinya apapun rencana kita dimasa datang baik itu biaya pernikahan bagi yang belum nikah, biaya pendidikan anak dan rencana yang lainnya dengan pemahaman time value of money ini kita bisa mengambil strategi yang tepat. Antara lain dengan menginvest uang yang kita punya saat ini keberbagai intrumen investasi  sesuai dengan jangka waktu yang diharapakan dan sesuai dengan tingkat profil risikonya yang insya Allah akan saya sampaikan diposting berikutnya. Terimakasih, salam sukses bahagia selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar