Manajemen strategis adalah
ilmu dan seni dalam merumuskan (formulation), menerapkan (implementation)
dan mengevaluasi (evaluation) keputusan lintas fungsional yang memungkinkan
suatu organisasi untuk mencapai tujuanya. Manajemen strategis menyangkut semua
hal dalam memperoleh dan mempertahankan keunggulan kompetitif (persaingan)
organisasi, yang mengadopsi perubahan untuk mengefektifkan strategi formulasi,
impementasi dan evaluasi yang memanfaatkan perubahan.
Strategic Mangement Process |
Proses management strategis sesuai dengan definisi diatas dibagi
menjadi tiga hal yakni strategi formulasi, implementasi dan evaluasi. Strategy formulation meliputi
pengembangan visi misi organisasi, mengukur kekuatan dan kelemahan internal
organisasi, mengidentifikasi peluang dan ancaman dari eksternal organisasi, menetapkan
tujuan jangka panjang organisasi, menimbang strategi alternatif lain dan
memilih strategi khusus dalam kasus tertentu.
Kedua strategy
implementation merupakan pelaksanaan / penerapan dari strategy formulation
yang telah ditetapkan. Dalam pengimplementasian ini sebuah organisasi harus menetapkan
tujuan / sasaran tahunan organisasi, menyusun kebijakan organisasi, menyiapkan
anggarannya, memanfaatkan system informasi dan mengalokasikan sumber daya
dengan baik agar strategi bisa dijalankan. Penting sekali selain hal tersebut
di atas organisasi wajib memotivasi
para karyawan dan mampu meng create budaya yang mendukung pengembangan organisasi
untuk mencapai tujuaanya karena sebaik
apapun strategi dan system yang diformulasikan kalo karyawannya ga bener sulit
bagi sebuah organisasi dapat mengimplementasikan dan berhasil mencapai tujuanya.
Terakhir strategy
evaluation meliputi tiga hal penting yakni revieuw factor internal dan
eksternal yang merupakan dasar bagi setiap strategi yang sedang dijalankan. Mengukur
kinerja yang sudah dijalankan dan mengambil tindakan perbaikan bila terjadi
ketidak sesuaian. Strategy evaluation adalah tahap akhir dari management strategy
yang berkesinambungan, karena seluruh strategy yang telah dirumuskan dan
dijalankan akan terus dievaluasi dan dimodifikasi seiring berjalannya waktu mengikuti
perubahan. Kalo kita berpikir organisasi sudah baik, ga perlu ada perubahan sama
saja organisasi tersebut sudah mati, karena keberhasilan dimasa lalu tidak memiliki
implikasi untuk suskses dimasa depan. Sekian semoga bermanfaat. Sumber materi
kuliah Strategic Management, Semerdanta
Pusaka, DBA, alumni DLSU, Filipina.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar