Kamis, 03 Maret 2016

Strategic Management to Achieve Goals



Manajemen strategis adalah  ilmu dan seni dalam merumuskan (formulation), menerapkan (implementation) dan mengevaluasi (evaluation) keputusan lintas fungsional yang memungkinkan suatu organisasi untuk mencapai tujuanya. Manajemen strategis menyangkut semua hal dalam memperoleh dan mempertahankan keunggulan kompetitif (persaingan) organisasi, yang mengadopsi perubahan untuk mengefektifkan strategi formulasi, impementasi dan evaluasi yang memanfaatkan perubahan. 

Strategic Mangement Process

Proses management strategis sesuai dengan definisi diatas dibagi menjadi tiga hal yakni strategi formulasi, implementasi dan evaluasi. Strategy formulation meliputi pengembangan visi misi organisasi, mengukur kekuatan dan kelemahan internal organisasi, mengidentifikasi peluang dan ancaman dari eksternal organisasi, menetapkan tujuan jangka panjang organisasi, menimbang strategi alternatif lain dan memilih strategi khusus dalam kasus tertentu.

Kedua strategy implementation merupakan pelaksanaan / penerapan dari strategy formulation yang telah ditetapkan. Dalam pengimplementasian ini sebuah organisasi harus menetapkan tujuan / sasaran tahunan organisasi, menyusun kebijakan organisasi, menyiapkan anggarannya, memanfaatkan system informasi dan mengalokasikan sumber daya dengan baik agar strategi bisa dijalankan. Penting sekali selain hal tersebut di atas organisasi wajib memotivasi para karyawan dan mampu meng create budaya yang mendukung pengembangan organisasi untuk mencapai tujuaanya karena sebaik apapun strategi dan system yang diformulasikan kalo karyawannya ga bener sulit bagi sebuah organisasi dapat mengimplementasikan dan berhasil mencapai tujuanya. 

Terakhir strategy evaluation meliputi tiga hal penting yakni revieuw factor internal dan eksternal yang merupakan dasar bagi setiap strategi yang sedang dijalankan. Mengukur kinerja yang sudah dijalankan dan mengambil tindakan perbaikan bila terjadi ketidak sesuaian. Strategy evaluation adalah tahap akhir dari management strategy yang berkesinambungan, karena seluruh strategy yang telah dirumuskan dan dijalankan akan terus dievaluasi dan dimodifikasi seiring berjalannya waktu mengikuti perubahan. Kalo kita berpikir organisasi sudah baik, ga perlu ada perubahan sama saja organisasi tersebut sudah mati, karena keberhasilan dimasa lalu tidak memiliki implikasi untuk suskses dimasa depan. Sekian semoga bermanfaat. Sumber materi kuliah Strategic  Management, Semerdanta Pusaka, DBA, alumni DLSU, Filipina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar