PT. AR BERKAH siap bersaing dalam menghadapi MEA dan tentunya selalu memperhatikan posisinya dalam persaingan dengan perusahaan Negara ASEAN lain. Dalam menyususn rencana penjualannya, perusahaan berusaha mempertahankan market share dan bila bisa meningkatkan lagi. Data yang dimiliki perusahaan adalah sebagai berikut:
a. Jumlah penjualan industry dan perusahaan selama 6 tahun
terakhir sebagai berikut:
Tahun
|
Penjualan Industri
(juta, unit)
|
Penjualan
Perusahaan (juta, unit)
|
2010
2011
2012
2013
2014
2015
|
50
55
60
65
70
80
|
7
8
9
10
12
13
|
b. Perusahaan mengamati dengan cermat market share yang dicapai dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2016 manajemen sudah cukup puas dengan market share yang dicapainya pada tahun 2015.
c. Produk yang dihasilkan perusahaan dijual di tiga daerah
pemasaran, dengan distribusi sebagai berikut: Jakarta 50 persen, Surabaya 30
persen dan Medan 20 persen. Harga jual per unit produk di semua daerah adalah
sama yaitu Rp5.000,00
d. Distribusi penjualan per triwulan untuk semua daerah
pemasaran adalah
Triwulan I =
20% Triwulan II = 35%
Triwulan III =
30% Triwulan IV = 15%
Dari data di
atas Anda diminta untuk membuat :
1.
Peramalan penjualan yang dapat dicapai perusahaan pada
tahun 2016, dengan meramalkan tingkat penjualan industry tahun 2016 lebih
dahulu. Gunakan metode permalan Least Square dan gambarkan !!!
2.
Menyusun anggaran penjualan perusahaan PT. AR BERKAH untuk
tahun 2016 secara lengkap
Lihat jawabannya silakan hubungi; yuwonotri79@yahoo.com & Fast respon; +62812 8352 8532
Tidak ada komentar:
Posting Komentar